Obesitas, Tanda dan Pemicunya


Obesitas, Tanda dan Pemicunya - Kelebihan berat badan atau berat badan tidak seimbang merupakan tanda-tanda Obesitas. Index masa tubuh (BMI) lebih dari > 30, juga diantara tanda bahwa anda terkena penyakit Obesitas. Penyakit ini menjadi penyebab terjadinya penyakit kronis lainnya, seperti Jantung dan Diabetes Mellitus.

Semakin besar kelebihan berat badan maka resiko terkena penyakit lain juga lebih besar. Obesitas digolongkan penyakit kronis dan menjadi penyebab timbulnya penyakit tertentu dan penyakit penyerta.

Obesitas, Tanda dan Pemicunya

Penyakit Obesitas disebabkan penimbunan lemak dalam tubuh. Penimbunan terjadi akibat kelebihan asupan makanan. Asupan yang berlebihan itu disimpan dalam bentuk cadangan berupa sel-sel lemak dalam jumlah yang tidak terbatas. Kelebihan asupan gula dapat disimpan dalam bentuk cadangan di hati dan otot dengan kapasitas terbatas. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan kelebihan asupan makanan yang terjadi terus-menerus hingga timbunan lemak menjadi semakin besar.

Obesitas terjadi akibat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika kita merasa lapar maka secara fisiologi otak akan memberikan instruksi makan. Reaksi ini bisa jadi dipegaruhi oleh sinyal hormon, sistem syaraf atau menyusul lemak yang dikonsumsi.

Faktor lain yang juga bisa menjadi pemicu terjadinya Obesitas diantaranya adalah:

  • Obat-obatan kontrasepsi dan obat anti kejang serta Steroid bisa juga mempengaruhi terjadinya Obesitas.
  • Umur dan jenis kelamin mempengaruhi juga orang terkena penyakit obesitas, pada umumnya wanita lebih banyak obesitas ketimbang pria.
  • Masa Kehamilan. Pada waktu seorang ibu dalam proses hamil sampai melahirkan tubuh menjadi gemuk. Hal inilah yang memungkinkan ibu hamil jadi Obesitas.
  • Faktor Psikis. Faktor ini juga turut menyumbang terjadinya Obesitas. Terkait emosi seseorang yang naik turun hingga penggunaan obat anti depresan menyebabkan Obesitas.
  • Faktor Genetis. Pada umumnya pola prilaku keluarga dalam soal konsumsi makanan yang diturunkan ke anak menjadi andil terjadinya Obesitas.
  • Kurangnya tubuh beraktifitas, seperti olahraga dan melakukan aktifitas lainnya.

Faktor-faktor diatas bisa kita antisipasi dengan berbagai cara untuk mencegah terjadinya Obesitas. Konsultasi ke dokter merupakan langkah yang disarankan untuk mengetahui lebih banyak mengenai Obesitas dan cara mengatasinya.


Obesitas, Tanda dan Pemicunya Obesitas, Tanda dan Pemicunya Reviewed by BOZPLANET on Februari 12, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD