Meski Musim Hujan Sawah Masih Kering

Meski Musim Hujan Sawah Masih Kering.
Meski Musim Hujan Sawah Masih Kering - Kendati hujan deras mengguyur areal persawahan, namun sebaliknya kekeringanlah yang terjadi. Hal ini menimpah petani di sejumlah desa di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Muara Enim. Mereka mengeluh meski musim hujan, namun mereka belum bisa menggarap sawah lantaran masih kekeringan sebagai dampak kemarau panjang.

Kondisi tanah di sawah masih reak-retak. Akibatnya, petani belum bisa mengolah sawah. Padahal saat ini, seharusnya petani mulai menggarap sawah untuk menyiapkan lahan menanam padi.

Arifin, warga Semende mengaku, saat ini kondisi air irigasi sudah mulai normal hanya bisa untuk mandi cuci. Sedangkan, untuk membajak sawah harus menunggu lagi. Soalnya, airnya belum bisa menggenangi petak sawah.

Senada diutarakan Badrun (37), petani setempat, bahwa sawahnya memang jauh dari sumber air dibiarkan menjadi semak. Kondisi air belum bisa tergenang seperti di sawah tetangganya yang mengalami kekeringan.

Menurutnya, jika sudah tak bisa digarap untuk ditanami padi. Tak menutup kemungkinan akan memanfaatkan lahan sawah untuk menanam sayur. 

Ditanya kenapa tidak ditanami sayuran sejak sekarang?. Dijawabnya, jika sawah ditanami sayur semua, masyarakat akan kekurangan beras. Jika beras di Semende tidak produksi, tentunya harga beras pasti mahal karena harus mendatangkan beras dari luar Semende.
Meski Musim Hujan Sawah Masih Kering Meski Musim Hujan Sawah Masih Kering Reviewed by BOZPLANET on Desember 06, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD