Monumen Singa, Patung Peringatan Perang Waterloo

Patung Singa berdiri kokoh dipuncak bukit sebagai Monumen peringatan perang waterloo. (foto: Amusing Planet)

KOTA Waterloo, Belgia menyimpan sejarah kelam menjelang abad 20. Pada tanggal 18 Juni 1815, telah terjadi pertempuran hebat di dekat Kota Waterloo. Pertempuran yang menandai kejatuhan Pemimpin Militer Perancis penakluk banyak negara di benua Eropa, Kaisar Napoleon Bonaparte. Sebanyak 200.000 tentara dari 7 negara turut ambil bagian dalam pertempuran itu.

Sejarah mencatat pertempuran Waterloo adalah yang paling berdarah sepanjang abad 19. Tidak kurang 65.000 orang tewas dan terluka dalam pertempuran ini.

Dilansir dari laman Amusing Planet, tidak banyak yang tersisah dari bekas medan pertempuran Waterloo. Sebagian besar lahan pertanian dan beberapa tugu atau monumen yang tersebar diseluruh areal bekas pertempuran. Diantara Monumen peringatan perang yang paling besar adalah Monumen Singa yang terletak di jantung medan pertempuran.

Monumen berbentuk Singa berukuran 4.5 M dikedua panjang dan tingginya berdiri kokoh diatas bukit kerucut setinggi 43 meter. Bukit ini dibangun atas perintah Raja William I dari Kerajaan Belanda. Pembangunan Monumen Singa ini tepat dilokasi dimana Putra Mahkota Kerajaan Belanda terluka ketika peluru berhasil menembus pundaknya sehingga dia terlempar dari kudanya dalam pertempuran itu. 

Pembangunan monumen Singa dimulai pada tahun 1822 sampai tahun 1825. Pembangunan yang dilakukan secara besar-besaran ini membutuhkan 400.000 kubik tanah yang diambil dari lokasi pertempuran Waterloo sendiri. Termasuk sebidang tanah lahan pertanian yang terletak antara La Haye Sainte dan Jalur Cekung Duke of Wellington.

Lukisan tentang perang Waterloo karya Seniman Perancis, Louis Dumoulin. (foto: Amusing Planet)

Untuk naik ke atas bukit tersedia tangga memanjang dari kaki bukit menuju puncak. Sampai di puncak bukit pengunjung bebas melihat pemandangan dibawah, bekas medan peperangan Waterloo. Patung Singa yang berdiri kokoh dipuncak bukit ini dibangun terinspirasi oleh patung Medici Singa di Florence. Dimana Singa ini memiliki kaki kanan depan yang menginjak bola, menandakan kemenangan bersama.  

Di dekat Monumen Singa ada sebuah bangunan melingkar yang didalamnya terdapat lukisan yang menggambarkan suasana pertempuran Waterloo pada waktu itu. Lukisan ini karya Seniman kondang Perancis, Louis Dumoulin. Bangunan lingkar ini pembangunannya memakan waktu yang cukup lama hingga selesai pada tahun 1911. Sementara lukisan itu selesai pada tahun berikutnya, tahun 1912.
Monumen Singa, Patung Peringatan Perang Waterloo Monumen Singa, Patung Peringatan Perang Waterloo Reviewed by BOZPLANET on September 13, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD