Mengusir Stress dengan 6 Langkah

 (foto ilustrasi: fixabay).

Mengusir Stress dengan 6 Langkah - Dalam kehidupan ini kadangkala kita menjumpai masalah yang tidak terpecahkan atau sulit dicari jalan keluarnya. Masalah itu kian hari kian bertambah dan memerlukan solusi segera. Apabila permasalahan yang kita hadapi itu tidak kunjung juga mendapatkan penyelesaiannya, maka akan menimbulkan apa yang dinamakan dengan Stress.

Stress itu timbul akibat akumulasi tekanan-tekanan dari masalah yang kita hadapi dan tidak ada jalan keluarnya. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka akan mengancam kesehatan jiwa dan tubuh kita. Sebelum  hal itu terjadi, kiranya kita harus mengatasi stress ini. Berikut tips mengusir Stress dengan 6 langkah:

1. Jangan Menunda Pekerjaan.

Menunda-nunda pekerjaan sangat tidak baik bagi perkembangan diri pribadi kita. Satu perkerjaan tidak terselesaikan maka akan menyebabkan pekerjaan itu menjadi bertumpuk-tumpuk dan menjadi besar. Hal ini akan menimbulkan stress, karena pekerjaan jadi terbengkalai dan tidak kunjung selesai. Jika ada satu pekerjaan maka segeralah selesaikan. Tidak ada pekerjaan yang numpuk (besar), jika pekerjaan kecil diselesaikan. Oleh karena itu Selesaikanlah pekerjaan dengan segera, maka stress akan jauh dari anda.

2. Konsentrasi dan Tidak Mengerjakan Lebih Dari Satu Pekerjaan Dalam Satu Waktu.

Seringkali kita mengerjakan dua atau lebih pekerjaan diwaktu yang sama dengan maksud ingin cepat selesai. Namun hal ini menjadi bumerang bagi kita, karena membutuhkan waktu dan konsentrasi yang tinggi. Jika satu pekerjaan itu kita kerjakan, otomatis yang lain ditunda terlebih dahulu. Sehingga pikiran kita jadi terbelah dua. Dengan kata lain kita menjadi tidak konsentrasi dalam mengerjakannya. Hal ini akan mendatangkan stress karena pekerjaan itu jadi terbengkalai. Oleh karena itu jangan mengerjakan pekerjaan double dalam satu waktu.

3. Menerima keadaan Diri Pribadi.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika kita mempunyai kekurangan maka syukirilah keadaan itu. Masih banyak orang lain yang hidup dalam kekurangan ketimbang kita. Dengan berpikir seperti itu mudah-mudahan kita akan bersyukur dengan keadaan diri pribadi dan otomatis stress akan jauh dari kita.

4. Melakukan Sesuatu yang Disukai.

Sudah saatnya kita membahagiakan diri dengan melakukan sesuatu atau pekerjaan yang kita sukai. Diselah-selah aktifitas anda sehari-hari luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang disukai, seperti memancing, jalan-jalan, membaca, mendengarkan musik, bermain game dan pekerjaan lain yang anda sukai. Hal ini patut dicoba karena dipercaya dapat mengusir stress.

5. Berpikir Positif (Positive Thinking).

Selalu berpikir positif terhadap permasalahan hidup yang sedang dihadapi sangat disarankan. Karena kita akan terbiasa menghadapi masalah-masalah itu dan berusaha mengambil hikmahnya. Dengan demikian kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

6. Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan.

Melakukan sesuatu atau kegiatan yang bisa membuat tubuh dan jiwa kita sehat perlu dilakukan. Olahraga ringan, seperti jalan kaki dan lari-lari santai dipercaya mampu membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan darah serta dapat menghasilkan hormon Endorfin yaitu horman penghilang stress sehingga membuat kita lebih bahagia.

Demikianlah tips mengusir stress dengan 6 langkah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Mengusir Stress dengan 6 Langkah Mengusir Stress dengan 6 Langkah Reviewed by BOZPLANET on Februari 20, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD